Sabtu, 02 Januari 2010

LAPORAN KULIAH LAPANGAN DAN OBSERVASI KAMPUNG KUTA

PENDAHULUAN

I. Latar belakang
Kenyataan-kenyataan yang terjadi dalam alam semesta ini dapat menggambarkan proses-proses perubahan untuk melindungi budaya local (local heritage), dari proses globalisasi yang mulai merambah budaya yang sudah di bangun oleh nenek moyang.
Oleh sebab itu untuk mendukung upaya pemerintah untuk menjaga kekayaan budaya yang ada di Indonesia, dan untuk mendukung tercapainya tujuan dari Mata kuliah Budaya Sunda. Serta untuk memahami apa itu Budaya Sunda. Karena orang sunda pada umumnya berfikir sama bahwa hidup ini tidak berlangsung di dunia saja tetapi juga di kehidupan lain (Asep Samsulbachri :1998).
Sebab itu kuliah Budaya Sunda tidak cukup hanya diberikan kepada mahasiswa dikelas saja tetapi harus diberikan kepada mahasiswa diluar kelas. Maka dari itu diadakanlah kuliah lapangan serta observasi ke Kampung Kuta yang terletak di Banjar, kabupaten Ciamis Jawa Barat.
Kuliah umum ini besar peranannya untuk meningkatkan pengetahuan para mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan Fotografi dan Film Fakultas Ilmu Seni dan Sastra Universitas Pasundan Bndung, maka dari itu tujuan, ruanglingkup (observasi umum dan khusus) diformulasikan secara jelas dalam kuliah mlapangan ini.

II. Gambaran umum Kampung Kuta
Terletak di Desa Karangpaninggal Kecamatan Tambaksari, masyarakatnya sampai saat ini masih memegang teguh melestarikan adat leluhurnya (karuhun), amanat leluhurnya yang masih dipertahankan antara lain :
• Rumah panggung yang harus beratap rumbia atau injuk (tidak boleh permanen)
• Bentuk rumah persegi dan tidak boleh berbentuk sikon
• Penduduk yang meninggal harus dimakamkan di luar Kampung Kuta
• Boleh ketempat keramat selama hari senin dan jumat
• Tidak boleh menggunakan pakain yang serba hitam

Kampung yang berada diperbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah ini kini sudah mulai modern sejak listrik masuk kedaerahnya pada tahun 1994. Tapi kampong ini pernah mendapat penghargaan dari presiden pada tahun 2002 tentang penyelamat lingkungan.

III. Tujuan
Tujuan secra umum dari kuliah lapangan ini adalah agar mahasiswa jurusan Fotografi dan Film dapat mengenal, mengamati serta memahami keterkaitan budaya sunda yang selama ini mereka dapat dalam perkuliahan.
Tujuan khusus dari kuliah lapangan ini adalah :
• Memahami keadaan di kampung kuta sesuai dengan pemahaman mahasiswa itu sendiri
• Memahami karakteristik masyarakat kampung kuta, serta dapat menunjukan kekhasan dari kampung kuta, yang mungkin tidak dapat dujumpai di kampung adat lainya.

IV. Metode
a) Tahap persiapan
Sebelum berangkat ke lokasi/lapangan, mahasiswa diharapkan membaca buku, baik artikel internet, majalah atau buku-buku yang terkait dengan lokasi utnuk memudahkan pemahaman di lokasi kuliah lapangan.

b) Tahap kuliah lapangan
Pada thaap ini mahasiswa diharapkan mendengarkan, memperhatikan, mencatat, mendokumentasikan, menggambarkan hal-hal penting dari penjelasan dari nara sumber. Pada tahap ini terbagi 2 bagian yaitu :

1) Observasi umum
2) Observasi khusus

c) Tahap pasca kuliah lapangan
Pada akhir kuliah lapangan ini diharapkan seluruh mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini memberikan sebuah laporan dalam bentuk makalah dan dilampirkan foto ukuran 8R masing-masing 1 (satu untuk observasi umum, satu untuk observasi khusus).

V. Kajian budaya Sunda di Kmpung Kuta
10 unsur Budaya Sunda
1. PERDATA
2. LAMBAGA
3. WINAYA
4. WIYASA
5. UNDAGI
6. MARGA
7. TANI
8. SANTIKA
9. HUSADA
10. TATA PRAJA

GAMBARAN UMUM

Kampung Kuta terletak di Desa Karangpaninggal, kecamatan Tambaksari Jawa barat. Masyarakat nya masih memegang teguh melestarikan budaya adat leluhurnya (karuhun), amanat leluhur yang masih dipertahankan antara lain :
1) Rumah panggung yang harus beratap rumbia atau injuk dan tidak boleh permanent, dengan beratap rumbia rumah bisa bertahan 5 tahun dan jika di tambahkan dengan ijuk bisa bertahan selama 35 tahun.
2) Bentuk rumah persegi dan tidak boleh berbentuk sikon, maksudnya tidak boleh membentuk leter U, leter L dan lainnya.
3) Penduduk yang meninggal harus dimakamkan di luar Kmpung Kuta, maksudnya untuk menjaga kesucian kampong kuta sesuai dengan amanah leluhur tetapi apabila yang meninggal baru lahir dan tidak memiliki dosa, boleh dimakamkan di kampong kuta.
4) Boleh ketempat keramat selama hari senin dan jumat saja, di dalam tempat keramat tidak boleh membawa barang-barang yang terdapat di hutan keramat seperti ranting, daun, batang, pohon dan sebagainya. Itu karena jika diperbolehkan mengambil dari hutan keramat sedik saja nanti bisa menjadi besar seperti dari kayu bakar sampai pohonnhnya dan hutannya bisa habis. Dihutan larangan tidak boleh meludah saat nyipuh, yaitu saat membasuh dari air suci.
5) Tidak boleh menggunkan pakaian serba hitam, karena bisa menyamai penghuni hutan,

Kampung yang berada diperbatasan Jawa Barat dan Jawa tengah ini kini sudah mulai modern sejak listrik masuk kedaerahnya pada tahun 1994. Tapi kampong ini pernah mendapat penghargaan dari presiden pada tahun 2002 tentang penyelamat lingkungan.
Untuk sekarang masyarakat yang tinggal di kampong kuta sekitar 120 kepala keluarga, sebagian besar para masyarakat kampong kuta berurbanisasi ke perkotaan.
Ketua adat memimpin kampong, mengurus masyarakat mengurus adat dan mengatur semua yang berhubungan dengan adat. Sedangkan untuk kuncen, hanya mengantar ke hutan keramat. Untuk kuncen ini, biasanya turun temurun dari leluhurnya biasanya diturunkan kepada anak laki-laki paling besar.


OBSERVASI

1. OBSERVASI UMUM
Untuk observasi umum ini mencakup keseluruhan yakni 10 unsur budaya sunda, diantaranya :
1) Perdata (hubungan antar manusia)
Hubungan antar manusia di kampung kuta sangat menjunjung kekeluargaan serta saling menghargai. Selain itu cukup bisa menerima kedatangan orang lain dengan baik, memiliki solidaritas yang tinggi serta sangat erat dengan persaudaraan. Hal ini dengan didukung oleh sumber air yang memusat, sehingga saat masyarakat kampung kuta membutuhkan air akan memungkinkan terjadi komunikasi-komunikasi dan informasi mengenai warga yang lain baik yang sedang sakit, butuh bantuan, maupun akan mengadakan acara.

2) Lambaga (adat istiadat)
Adat istiadat di kampung kuta yakni adanya upacara sembah sedekah bumi, syukuran, upacara nyuguh bulan maulud, itu semua untuk memberi bakti pada leluhur, untuk menolak bala, untuk minta keselamatan dan juga upacara hajatan dll. utnuk saat ini adat di kampong kuta sudah terkontaminasi pengaruh luar yakni terpengaruh kemodernisasian. Tetapi masih memegang teguh adat istiadat (amanah).

3) Winaya (pendidikan)
Pendidikan pada hakekatnya adalah upaya untuk meningkatkan mutu nilai taraf hidup dalam besosialisasi. Pendidikan merupakan dasar dari pembentukan jati diri setiap individu.
Pendidikan di kampung kuta rata-rata berpendidikan SD (sekolah dasar) karena SD merupakn sekolah yang terdekat yang terdapat di kampung kuta. Metode pendidikan di kampong kuta menggunakan metode serogan (seperti di pesantren) yaitu muridnya disejajarkan dan diberi pelajaran. Biasanya dari jam 1 sampai jam 4, anak-anak dikumpulkan diberi pelajaran. Letak SMP dan SMA sangat jauh dari kampong kuta. Bukan tidak memungkinkan didirikannya SMP dan SMA di kampong kuta tetapi karena masyarakatnya sedikit jadi sulit untuk dososialisasikan.

4) Wiyasa (seni)
Seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa. Seni adalah karya yang berasal dari peniruan bentuk alam dengan segala segi-seginya atau mendekati bentuk alam/natural. (Plato)
Seni yang terdapat di Kmpung Kuta ini adalah seni terebang, seni ronggeng gunung, seni dogdog, seni ngibing, serta terdapat kerajinan-kerajinan tangan seperti anyaman bilik, anyaman tas kamuti dari daun gebang, ulekan, sinduk, temapat nasi (boboko), nampan (baki), topi petani dll.
Utnuk seni terebang dan ngibing ini biasanya dilakukan pada bulan safar yakni pada tanggal 25.

5) Undagi (tata arsitektur)
Bangunanya harus sesuai dengan amanat leluhur yaitu harus Rumah panggung yang harus beratap rumbia atau injuk dan tidak boleh permanent, tidak boleh terdiri dari batu-bata, semen serta harus beratap rumbia rumah bisa bertahan 5 tahun dan jika di tambahkan dengan ijuk bisa bertahan selama 35 tahun.
Bentuk rumah persegi dan tidak boleh berbentuk sikon, maksudnya tidak boleh membentuk leter U, leter L dan lainnya.
Tetapi isi rumah dan denahnya sesuai dengan individu. Kecuali letak pintu yang harus disesuaikan dengan tanggal lahir.




6) Marga (transportasi)
Transportasi di kampung kuta sudah mulai modern, itu ditunjukan dengan adanya sepeda motor sebagai kendaraan. Sepeda motor juga biasa digunakan untuk mengangkut hasil tani.



7) Tani (bersawah)
Pertanian yang ada di kampung kuta menggunakan system tadah hujan, karena tidak ada perairan dan irigasi. Dimasyarakat kampong kuta mengolah pertaniannya secara individu, etapi juga bisa diburuhkan dan juga bisa dikerjakan dengan membagi hasil tani.
Pertanian dikampung kuta biasanya selalu memanfaatkan lahan yang kosong, misalnya saat menanam padi telah selesai ataupun gagal bisa ditanamkan tanaman yang lain, seperti jagung, kacang tanah, dll.

8) Santika (bela diri)
Utnuk seni bela diri di kampung kuta ini tidak ada. Utnuk yang ingin belajar bela diri, bisa belajar dari kampung lain.

9) Husada (obat-obatan)
Pengobatan dikampung kuta pada umumnya berobat pada ilmu kedokteran juga tetapi masih juga menggunakan obat-obatan tradisional seperti masyarakat sunda lainnya, baik dari tumbuhan maupun hewan. Seperti penggunaan daun sirih untuk panas dalam (mimisan), pucuk jambu klutuk untuk sakit perut dll.

10) Tata praja (system pemerintahan)
Untuk sistem pemerintahan di kampung kuta ini dipimpin oleh ketua adat yang senantiasa mengurus masyarakat, mengurus adat dan yang lainnya yang berhubungan dengan adat sampai pada proses administrasi. Di kampung kuta juga terdapat kepala dusun, lurah, RT/RW, dan juga kuncen.
Ada pun yang disebut kuncen adalah orang yang menjaga hutan keramat dan mendampingi siapa saja yang ingin mengunjungi hutan keramat, kuncen ini meneruskan amanah dari leluhur. Yang pernah menjadi kunceng di kampong kuta antara lain : Ki bumi, ki Dano, Ki Mainah, Ki Rasubangsa, Ki Rasipan, Ki Karsan, Ki Srasaji, Ki Matarji dan yang saat ini menjadi kuncen yaitu Ki Maryono.
Pada tahun 2002 bersamaan dengan kalpataru mengajukan kampung adat ke provinsi kabupaten. Ketua adat dipilih oleh masyarakat, tidak ada periode waktunya sampai kapan menjabat sebagai ketua adat. Tetapi sampai sudah merasa tidak mampu, dan untuk saat ini yang menjabat ketua adat kampong kuta adalah bapa Karman. Beliau menjabat dari tahun 2002 sampai sekarang tahun 2009.
Utnuk keamanan di kampung kuta ini sangat terjamin sebab semua masyarakat saling bersatu dan saling menjaga.

2. OBSERVASI KHUSUS
Observasi khusus yang saya pilih adalah mengenai Wiyasa (Seni).
Seni berasal dari kata Sani yang artinya Jiwa yang luhur / ketulusan hati. Seni dapat pula dikatakan sebagai sebuah “Art” yang artinya barang / karya sebuah kegiatan. Seni adalah kesanggupan akal manusia untuk menciptakan sesuatu karya yang bermutu dan bernilai tinggi. Seni adalah salah satu manifestasi dan pancaran rasa keindahan, pemikiran, kesenangan dan perasaan yang lahir dari seniman. Ini merupakan hasil ide para seniman yang berlandaskan imajinasi, pengetahuan, pendidikan, inspirasi, dan tenaga seniman.

Seni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai suatu karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa. Seni adalah karya yang berasal dari peniruan bentuk alam dengan segala segi-seginya atau mendekati bentuk alam/natural. (Plato)

Seni yang terdapat di Kampung Kuta ini adalah seni terebang, seni ronggeng gunung, seni dogdog, seni ngibing, serta terdapat kerajinan-kerajinan tangan seperti anyaman bilik, anyaman tas kamuti dari daun gebang, ulekan, sinduk, temapat nasi (boboko), nampan (baki), topi petani dll.

1) Seni terebang
Kesenian Terbang tumbuh dilingkungan Masyarakat dan lingkungan masyarakat dan diakui sebagai kesenian Rakyat kesenian rakyat , kesenian terebang disebut juga dengan Terebang Gede , Terebang gebes, terebang ageung dll di Desa Karangpaninggal Kecamtan Tambaksari masih mengadakan upacara untuk menghindari malapetaka dengan mengadakan kesenian terebang yang khas dan unik yang diturunkan dari generasi ke generasi .
Dengan bergesernya kesenian terebang menjadi hiburan yang lebih luas maka kesenian tersebut mengalami perubahan alat musik dan lagu-lagu nya, penambahan alat musik seperti kendang , terompet, goong bahkan alat musik moderen seperti organ dan gitar lagu yang asalnya bernafaskan Islam bergeser menjadi lagu rakyat seperti lagu botol kecap , tepang sono , buah kawung , ayun ambing , kukupu hiber dll juga menjadi lagu pop Sunda seperti lagu botol kecap dll .

2) Ronggeng gunung
Untuk kesenian ronggeng gunung ini untuk di desa Karapaninggal ini khususnya di kampung kuta sudah tidak ada, pada awalnya ada. Namun seiring waktu kesenian ronggeng gunung pun punah.
Kesenian ronggeng gunung berkembang di Banjarsari Ciamis, Ronggeng Gunung, sebenarnya masih dalam koridor terminologi ronggeng secara umum, yakni sebuah bentuk kesenian tradisional dengan tampilan seorang atau lebih penari. Biasanya, dilengkapi dengan gamelan dan nyanyian atau kawih pengiring. Penari utama, seorang perempuan, dilengkapi sebuah selendang. Fungsi selendang, kadang untuk kelengkapan dalam menari. Tapi juga bisa untuk "menggaet" lawan biasanya laki-laki untuk menari bersama dengan cara mengalungkannya.
Untuk pola gerak Ronggeng Gunung, dipandang menjadi akar ronggeng pakidulan, nayaga yang mengiringinya (penabuh gamelan) cukup tiga orang. Hanya dengan bonang, gong, dan kendang, dan sejumlah lelaki yang mengelilingi penari, Ronggeng Gunung sudah bisa digelar. Biasanya, lelaki yang mengelilingi penari itu punya ciri khas, bagian kepala ditutup menggunakan sarung. Sehingga yang terlihat hanya bagian mukasaja. Lagu yang dilantunkan penari ronggeng pun sangat unik dan khas. Para pengamat seni menilai alunan suaranya sangat spesifik. Dan tidak ditemukan dalam kawih atau tembang Sunda lain.
Bagi masyarakat Ciamis selatan, kesenian ronggeng gunung pada masa jayanya bukan hanya merupakan hiburan. Kesenian tersebut sekaligus menjadi pengantar upacara adat.
Dalam mitologi Sunda, Dewi Siti Samboja atau Dewi Rengganis hampir sama dengan Dewi Sri Pohaci yang selalu dikaitkan dengan kegiatan bertani. Karena itu, tarian dalam ronggeng gunung melambangkan kegiatan Sang Dewi dalam bercocok tanam. Yakni, sejak turun ke sawah, menanam padi, memanen, sampai kahirnya syukuran karena panen telah berhasil.
Bahkan, pada saat petani mengharapkan turun hujan, ronggeng gunung dipanggil sebagai mediator. Dalam karya tugas akhir di Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung (1985), Nesri Kusmayadi mengungkapkan, Nyi Ronggeng berkeliling kampung seraya membawa kucing. Jika menemukan sumur atau sungai yang masih ada airnya, binatang peliharaan itu kemudian dimandikan.

3) Seni dogdog
Dogdog merupakan alat musik yang terbuat dari kayu bulat, tengahnya diberi rongga, namun pada kedua ujung ruasnya mempunyai bulatan diameter yang berbeda kurang lebih 12 -15cm, dengan panjang 90cm. pada ujung bulatan yang paling besar ditutup dengan kulit kambing yang telah dikeringkan dan diikat dengan bamboo melingkar yang dipasangkan untuk menyetel suara atau bunyi. Suara yang dihasilkan berbunyi dog dog dog (dalam telinga orang sunda). Oleh karena iru alat ini diberi nama dog dog.
Seni dog dog di kampong kuta pernah mendapat penghargaan pada tahun 2002, memenagkan perlombaan seni, yang bertepatan diberikannya kalpataru kepada kampong kuta sebagai penghargaan atas kampung yang menjaga lingkungan nya dengan baik.


4) Ngibing
Seni ngibing merupakan seni tari yang biasa dilakukan oleh masyarakat sunda dan juga yang dilakukan oleh masyarakat kampong kuta. Biasanya dilakukan atau ditampilkan pada saat upacara adat, hajatan, pernikahan, acara perayaan atau pun memperingati sesuatu karena ungkapan rasa bahagia.

5) Tas kamuti
Merupakan salah satu kerajinan tangan dari masyarakat kampung kuta. Biasanya dijadikan cendra mata yang merupakan cirri khas kampong kuta dan juga dijual di luar kampong kuta, biasanya mendapat pesanan dari luar kota bisa mencapai 100-200.
Tas kamuti terbuat dari daun gebang yang diambil dari hutan di banjar. Tas ini memiliki keunikan karena dibuat dalam satu dahan dan hanya menjadi 1 tas saja setiap dahannya. Serta dalam pembuatannya dahan tidak terputus dengan daun dan menyambung terus hingga membentuk sebuah tas.

6) Bilik anyaman
Bilik anyaman merupakan salah satu kerajinan tangan masyarakat kampung kuta. Pada awalnya pembuatan bilik anyaman ini digunakan ,untuk membangun rumah mereka, namun seiring waktu potensi masyarakat kampong kuta mulai terlihat sehingga kerajinan bilik anyaman menjadi salah satu mata pencaharian untuk dijual. Tidak ada arti khusus dari lajur anyamannya. Bilik anyaman ini digunakan untuk membangun rumah masyarakat kampung kuta, namun tidak menutup kemungkinan juga masyarakat membeli bilik anyaman dari pengrajin yang lain.


KESIMPULAN

Kampung kuta merupakan salah satu kampung keramat yang masih sangat kental adat istiadat serta kesuciannya. Tidak seperti kampung adat yang lain, kampung kuta memiliki tanah pribadi yang dapat digunakan oleh individu kampung kuta tetapi tetap menjaga syar’I amanah dari leluhurnya untuk menjaga kesucian kampung kuta.
Kampung kuta terletak di desa Karangpaningal kecamatan Tambaksari, masyarakatnya sampai saat ini masih memegang teguh melestarikan kebudayaan adat leluhurnya (karuhun), amanat yang masih tetap dipertahankan antara lain :
• Rumah panggung yang harus beratap rumbia atau ijuk (tidak boleh permanent)
• Bentuk rumah persegi tidak boleh sikon
• Penduduk yang meninggal harus dimakamkan di luar kampong kuta
• Boleh ke tempat keramata hari senin dan jumat
• Tidak boleh menggunkan pakaian serba hitam

Kampung kuta memiliki kerajinan tangan khas, yaitu tas kamuti. Tas kamuti terbuat dari daun gebang yang diambil dari hutan di banjar. Tas ini memiliki keunikan karena dibuat dalam satu dahan dan hanya menjadi 1 tas saja setiap dahannya. Serta dalam pembuatannya dahan tidak terputus dengan daun dan menyambung terus hingga membentuk sebuah tas.

Adapun 10 unsur budaya sunda di kmapung kuta tidak seluruhnya terdapat di kamapung kuta, dua diantaranya adalah marga (transportasi) karena di kampong kuta sudah moderenisasi dalam transportasi dan santika (bela diri) karena di kmapung kuta untuk belajar seni bela diri harus belajar dari luar kampong.


SUMBER RUJUKAN
• Bapak Karman (selaku kepala desa kampong kuta)
• Ki Maryono (selaku kuncen kampong kuta)
• Buku panduan kuliah lapangan Budaya Sunda
• www.http//:keseniansenidanbudaya.blogspot.com
• BudayaSunda.mbm.19770903.KT75404.id.html
• www.http//:wikipedia.kampungkuta.org

RESUME FILM CINTA YANG TERULANG

Sinopsis film
wanda adalah seorang pelatih tari di sanggar tari anak-anak yang jatuh cinta pada seorang laki-laki yang bernama Rizal, namun cintanya tidak disetujui oleh Tune (kakak wanda) dan ibunya. Karena ibu dan kakaknya menganggap Jalil (ayah Rizal) sebagai pembunuh dari suami ibu Wanda yang tak lain adalah ayah bagi Wanda dan Tune.
Percintaan mereka penuh dengan cobaan, mulai dari tidak disetujui sampai pada Wanda di jodohkan dengan laki-laki lain yakni Firman oleh kakak nya dan Rizal dijodohkan oleh ayah nya dengan wanita lain yakni Marini. Tapi karena cinta Rizal dan Wanda tulus dan kuat, sehingga mereka tidak dapat dipisahkan oleh apapun dan siapapun termasuk orang tua mereka, walaupun sebenarnya mereka sadar bahwa diantara mereka memang ada masalah yang harus diselesaikan.
Dengan bantuan Bapu, akhirnya cinta mereka dapat disetujui, itupun dengan usaha yang keras. Tapi akhirnya Tune sadar bahwa Dendam itu tidak akan habis sampai kapan pun kalau dibalas dengan dendam lagi. Dengan ketulusan cinta Wanda dan Rizal akhirnya mereka pun disetujui oleh dua belah pihak dan berdamai serta memutusdkan untuk memperpanjang tali silaturahmi yakni dengan cara Wanda dan Rizal menikah.


Judu Film : Cinta yang terulang
Karya : Hulondaling Film
Sutradara : Iwan Wahab
Produser : Ardian Dambea
PiƱata Costum : Bambang Oxy, dkk
Soundman : Anwar T Bakik


Pemeran :
Tune Puteri Tilanggo
Wanda Pangeran Tapulu
Ibu Wanda Ibunda Ratu
Bapa Wanda Ayahanda Pangeran Tapulu
Rizal Dayang
Ayah Rizal Bapusalama
Ibu Rizal Guru bolaka
Firman Puteri Laingo
Marini Pangeran Nabotu
Bapu

Seting :
Rumah Wanda, Pantai, Rumah Firman, Restoran
Kerajaan, lapangan, pantai


Perwatakan
No Nama Watak
1 Tune Tempramen, tegas, egois, kasar, apa yang dia ingin harus terlaksana, pedendam
2 Wanda Lembut, tulus, keras kepala,
3 Ibu Wanda Tegas, keras kepala, tempramen, pedendam
4 Ayah Wanda -
5 Rizal Tulus. Keras kepala
6 Ayah Rizal Tempramen, pemaksa, pedendam, kasar
7 Ibu Rizal Ikut-ikutan
8 Firman Baik, tulus, pengalah
9 Marini Picik, Seiko, nyebelin, Judes
10 Bapu Baik, penolong, bijak sana


No Nama Watak
1 Puteri Tilanggo Baik, tulus, perasa, keras kepala
2 Pangeran Tapulu Baik, tulus, perasa, keras kepala
3 Ibu Ratu Tempramen, pedendam, keras kepala, penguasa
4 Ayahanda Pangeran Tapulu Penguasa, keras kepala, tempramen
5 Bapusalama Baik hati, suka menolong
6 Guru Bolaka bijaksana
7 Puteri Laingo Jahat, picik, sombong
8
9 Pangeran Nabotu
Pembantu dayang Baik hait, penurut
Setia dan berbakti


Resume film
Kisah ini berawal dari percintaan 2 insan manusia yang sangat mengharukan, berawal dari masalah orang tua sampai berimbas pada anak-anak mereka.
Ayah Wanda adalah seorang pengusaha perkebunan yang kalah tender dengan temannya yakni Jalil yang tak lain adalah ayahnya Rizal. Karena saking shocknanya, ayah Wanda yang memiliki penyakit jantung kumat dan meninggal. Tune (kakak Wanda) menganggap bahwa Jalil lah penyebab dari semua ini, sampai pada akhirnya Rizal bersumpah bahwa tidak boleh satupun dari keluarganya yang berhubungan dengan keluarga Jalil. Padahal tanpa diduga, Wanda dan Rizal (anaknya Jalil) berhubung (pacaran).
Sampai pada suatu hari Tune mengetahui semua itu, tune marah besar dan merasa tidak dihargai sebagai kakak laki-laki satu-satunya, seperti sang kakak, ibu Wanda pun bersikap sama pada Wanda, Ibu tidak suka Wanda berhubungan dengan Keluarga Jalil, ibu kecewa bercampur marah, itu karena ada alasan kenapa ibu bersikap seperti itu.
Tune tidak ingin Wanda terus berhubungan dengan Rizal, dengan sikap arogan dan egoisnya Tune menjodohkan Wanda dengan temanya yakni Firman. Firman adalah seorang pemuda yang baik dan tampan. begitupun Jalil (ayah Rizal) tidak suka Rizal berhubungan dengan Wanda, dengan sikap otoriternya ayah Rizl menjodohkan Rizal dengan wanita lain, yakni Marini. Marini adalah seorang gadis yang judes, picik, sombong dan cantik.
Karena cinta Wanda dan TRizal sangant kuat dan tulus, mereka pun melawan semua cobaan dan rintangan yang ada. Sampai akhirnya Firman menyerah dan merelakan Wanda dengan Rizal. Berbeda dengan Marini, dia menghalalkan segala cara untuk mendapatkan Rizal. Tetapi tatap saja ahasil nya nol besar. Dengan bantuan Bapu, acara pertunangan Wnda dengan Firman gagal, tentu saja sang kakak dan ibu marah besar, sampai akhirnya TRune dtang kerumah Rizal dengan luapan emosai yang kental. Perkelahianpun tidak terhindari, ayah Rizal dan Tune berkelahi. Untung saja Rizal dan Wanda cepat datang, akhirnya perkelahian itu berhenti. Akhirnya Tune sadar bahwa dendam itu tidak baik dan sampai kapanpun dendan tidak aka nada habisnya. Dengan berdamainya Tune dan ayah Rizal, itu pertanda disetujuinya cinta Rizal dan Wanda. Akhirnya semua pihak menyetujui hubungan itu dan diresmikan dengan pernikahan.


Telaah film
Film cinta yang terulang ini beralur maju mundur, yakni dengan melihat perbandingan di kejadiaan masa lalu yakni kisah cinta Puteri Tilanggo dan Pangeran Tapulu yang percintaannya persis mirip dengan kisah cinta Wanda dan Rizal. Namun yang membedakan cerita awal muasa, kalu dalam percintaan Wanda dan Rizal terhalang karena Dendam diantara orang tua, kalu percintaan Puteri Talinggio dan Pangeran Tapalu bermula karena mereka beda suka dan kerajaan, selain itu seting tempat dan waktu. Kalu percintaan Puteri Tilanggo dan Pangeran Tapulu terjadi di jaman dahulu dan kerajaan, kalu percintaan Wanda dan Rizal terjadi di masa sekarang dan berseting perumahan biasa.
Klimaks bermua dari terbongkarnya Wanda pacaran dengan Rizal sampai apada anti klimaks Tune dan Ayah Rizal berkelahi dan pernikahan pun terjadi.
Film ini membandingkan 2 zaman yang berbeda namun cerita dan tokoh sama, hanya berbeda pada penokohan nama dan seting.
Di film ini sangat menonjolkan budaya khas dari Gorontalo, yakni lagu kahas, pakayan adat dan kental dengan sisi keagamaan. Namun saying bahasa yang digunakan tidak seutuhnya bahasa khas Gorontalo tersebut melainkan menggunakan Bahasa Indonesia utuh. Selain itu mengenalkan keindahan alam Gorontalo dengan mengenalkan pemandangan perkampungan dan laut Gorontalo.


Kekurangan dari film ini
• Yakni pemeran figuran dalam film ini masih tidak focus dan sering melihat kamera, selain itu baju yang digunakan sering tidak sesuai dengan keadaan.


Kelebihan dari film ini
• Seting suara di film ini sudah cukup pas
• Mengenalkan budaya Gorontalo
• Pesan yang terkandung cukup jelas, yakni bahwa dendam itu tidak baik dan sampaikapanpun dendam itu tidak akan ada habisnya